2PA04-Tugas III-KELOMPOK 4-SEJARAH TERBENTUKNYA KOMUNITAS ONLINE (SOCIAL NETWORK)

2PA04-Tugas III-KELOMPOK 4-SEJARAH TERBENTUKNYA KOMUNITAS ONLINE (SOCIAL NETWORK)

A.Sejarah komunitas online (Social Network)
Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa seiring kemajuan pesat teknologi itu sendiri. Pengguna sosial media seperti Facebook, Twitter, Blog, You Tube, Koprol, Kaskus, MIG33 meningkat tajam di Indonesia. Data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta orang,sedang pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli 2010,bahkan pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia (2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman.

Dari interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media, terciptalah beragam komunitas online. Berbicara tentang komunitas,ada baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu. Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari anggotanya (misal: Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama (misal: Komunitas Asep), kesamaan hobby (misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia), kesamaan menggunakan produk tertentu (misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga (misal : komunitas MU Mania,Jak Mania), kesamaan menggunakan platform online tertentu (misal: Komunitas Blogger, Tweeps, Facebooker). Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati.


Perkembangan Sosial Media

 Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahun :
§  1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer. Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun1971.

§  1995 Kelahiran dari situs GeoCities,

Situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.

  • 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com 
Walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com


  • 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger.
Situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.





  • 2002 Berdirinya Friendster,
Situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.





  •   2003 Berdirinya LinkedIn,




Tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.


  • 2003 Berdirinya MySpace,    

    MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya, sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.



    • 2004 Lahirnya Facebook,
    Situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.

    • 2006 Lahirnya Twitter,
      Situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.

    • 2007 Lahirnya Wiser,
    Situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
    • 2011 Lahirnya Google+,
    Google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.

    B.       Polarisasi Dalam Internet – Polarisasi Kelompok
    Fenomena polarisasi kelompok adalah kecenderungan kelompok yang menyebabkan orang mengubah keputusan mereka, baik ke arah yang lebih teliti ataupun mengambil resiko. Polarisasi kelompok menimbulkan , mengumpulnya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu . Di dalam internet tersedia berbagai macam informasi yang dapat di akses secara leluasa hal ini memungkinkan seseorang membentuk kelompok dalam internet.



    C.     Kelompok unik dalam internet
    Terbentuknya suatu komunitas atau kelompok bisa karena kesamaan daerah misalnya ada kelompok yang hanya dianggotai oleh orang-orang yang berasal dari kota Bandung, kesamaan hobi, ataupun kesamaan profesi.
    Komunitas online ini memiliki keunikan tersendiri, anggota kelompoknya bisa secara bersama-sama melakukan suatu aktifitas tanpa harus berkumpul bersama atau di tempat yang sama.
    Dari media internet ini, ada pula yang menggunakannya untuk membentuk kelompok kerja virtual. Kelompok kerja virtual yaitu sekelompok orang yang bekerja pada sebuah proyek yang umum melalui teknologi seperti email, pesan instan, database bersama, dll.
    Dalam perkumpulan ini, tentu anggota-anggotanya memiliki tujuan dan kepentingan yang sama, saling bertanggungjawab dan bergantung antara satu sama lain.

    D.    Kelompok kerja dan Brainstorming elektronik
    Brainstorming adalah sebuah perencanaan atau piranti yang digunakan untuk menampung kreatifitas kelompok dan biasanya digunakan untuk menjadikan alat consensus maupun untuk menjaring ide-ide yang diperlukan.
    Adanya brainstorming dimaksudkan untuk mengumpulkan ide-ide kreatif sebanyak mungkin di dalam suatu kelompok. Ada beberama macam model brainstorming yang diterapkan untuk menjaring ide sebanyak mungkin.

    Tujuan dan manfaat lain dari brainstorming adalah sebagai berikut:
    a.       Mengidentifikasi masalah.
    b.      Mencari sebab-sebab yang mengakibatkan terjadinya masalah.
    c.       Menentukan alternatif pemecahan masalah.
    d.      Mengimplementasikan pemecahan masalah.
    e.       Merencanakan langkah-langkah dalam melaksanakan suatu aktivitas.
    f.       Mengambil keputusan ketika masalah terjadi.
    g.      Melakukan perbaikan (improvements).
    h.      Metode.

    Jenis-jenis brainstorming salah satunya adalah:
    Electronic Brainstorming: bertukar gagasan melalui media elektronik dalam sebuah kelompok.

    E.     Mengembangkan kepercayaan dalam Tim Virtual
    Tim virtual menggunakan teknologi komputer untuk menyatukan anggota-anggota yang terpisah secara fisik untuk mencapai tujuan bersama. Sejumlah orang dimungkinkan untuk berkolaborasi secara online menggunakan hubungan-hubungan komunikasi seperti jaringantride-area, konferensi video, atau e-mail, baik ketika mereka hanya terpisah dengan satu ruangan maupun dengan benua.
    Tim virtual bisa melakukan semua hal yang dilakukan oleh tim yang lain, berbagi informasi, membuat berbagai keputusan, dan menyelesaikan tugas. Tim ini juga beranggotakan dari organisasi yang sama atau menghubungkan para anggota sebuah organisasi dengan para karyawan dari berbagai organisasi lain (seperti para pemasok dan rekan-rekan bersama). Mereka bisa mengadakan rapat selama beberapa hari untuk menyelesaikan masalah, beberapa bulan untuk menyelasaikan sebuah proyek, atau secara tetap berdiri dalam organisasi.

    Tiga faktor utama yang membedakan tim virtual dari tim yang bertemu muka secara langsung adalah:
    (1)   Ketiadaan isyarat-isyarat paraverbal dan nonverbal
    (2)   Konteks sosial yang terbatas
    (3)   Kemampuan untuk mengatasi keterbatasan waktu dan ruang

    Tim virtual sering kali mengalami hubungan sosial yang kurang baik dalam berinteraksi langsung antaranggota. Mereka tidak bisa meniru tindakan memberi dan menerima yang umum terjadi dari diskusi secara berhadap-hadapan. Terutama ketika para anggota belum bertemu secara pribadi, tim virtual cenderung lebih berorientasi pada tugas dan lebih sedikit bertukar informasi sosial-emosional.
    Tim virtual mampu melakukan pekerjaan mereka meskipun anggota-anggotanya terpisah ribuan kilometer dan terpisah oleh satu lusin zona waktu atau lebih. Tim ini memungkinkan orang-orang untuk bekerja sama, yang bila tidak demikian tidak akan bisa berkolaborasi.
    Untuk membangun kepercayaan tim virtual yaitu:

    a.       Communication
    Tidak hanya dalam tim virtual, komunikasi sangatlah penting dalam kehidupan kita dengan masyarakat, komunikasi dibutuhkan untuk menghindari kesalahpahaman dan kerancuan atau keraguan dalam tim.

    b.      Cultural Awareness
    Toleransi dan pengetahuan akan kebudayaan juga harus diperhatikan, karena tidak semua anggota memiliki kebudayaan dan pengetahuan yang sama seperti kita. Maka akan baik apabila mengadakan pedoman komunikasi ketika mulainya terbentuk tim terbukti dapat membantu mengurangi kesalahpahaman akibat perbedaan budaya.

    c.       Trust

    Kepercayaan juga penting di antara anggota tim. Kepercayaan untuk mendukung semua point di atas sebagai basis untuk komunikasi yang terbuka dan menyangga motivasi semua individu yang bersangkutan. Kepercayaan memerlukan perhatian khusus di setiap titik perkembangan tim virtual. Karena antar anggota tim virtual biasanya berbeda tempat, maka kepercayaan sangatlah penting.

    KELOMPOK 4

    1. ARY FAJAR MUBAROK 11514708 (MERANGKUM MAKALAH)
    ( http://aryfajaar.blogspot.co.id/2015/12/2pa04-tugas-iii-kelompok-4-sejarah.html  )

    2. BUNGA ANGGRIT SEPTYANA 12514245 (MENCARI MATERI)
    ( http://bungaanggrit.blogspot.co.id/2015/12/2pa04-tugas-iii-kelompok-4-sejarah.html )

    3. I GUSTI BAGUS WIRADHARMA A 15514036 (UPLOAD)
    ( http://wiradharmark.blogspot.co.id/2015/12/2pa04-tugas-iii-kelompok-4-sejarah.html  )

    4. TIKA LESTARI PARMANA 1A514769 (MENCARI MATERI)
    ( http://tikalestariparmana.blogspot.co.id/2015/12/2pa04-tugas-iii-kelompok-4-sejarah.html )

    5. KHADAR ARI PERMANA 15514839 (MERANGKUM MAKALAH)
    ( http://khadarari.blogspot.co.id/2015/12/2pa04-tugas-iii-kelompok-4-sejarah.html )

    Komentar

    1. materi yang dibahas bagus dan jelas. penyajian materinya pun menarik

      BalasHapus
    2. Terima kasih atas materinya, sangat jelas menambah inside untuk para pembaca :)

      BalasHapus
    3. Materi pembahasan sangat menarik dan bermanfaat bagi pembaca, tampilannya pun sudah cukup rapih mungkin akan lebih rapih jika ukuran gambar bisa disesuaikan dengan ukuran tempat postingan agar penataan tulisannya bisa terlihat lebih rapih lagi... Terimakasih

      BalasHapus
    4. terima kasih atas postingannya, menarik dan mudah dipahami.

      BalasHapus
    5. postingan yang cukup bagus dan menarik, untuk bahasanya mudah di pahami

      BalasHapus
    6. Materi yang diberikan sudah cukup jelas dan menambah pengetahuan baru mengenai sejarahnya. Terima kasih :D

      BalasHapus
    7. Postingannya cukup menarik dan jelas membuatz pembaca tidak jenuh untuk membacanya

      BalasHapus
    8. Menjelaskan sejarah Social Network sanat menarik. Nice :D

      BalasHapus
    9. Materi yang dijelaskan sudah cukup menarik untuk dibaca dan dipahami

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Postingan Populer